Bosda Tambah 3 M

webmasterBeritaLeave a Comment

MALANG – Pengelola sekolah mulai SD/MI sampai SMP di Kota Malang bisa tersenyum. Usulan Komisi D DPRD Kota Malang agar dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) hanya tinggal satu langkah lagi segera dinaikkan. Dalam draft perubahan anggaran keuangan (PAK) APBD 2011, dana Bosda sudah mendapatkan tambahan dana sebesar Rp 3 miliar.
Sebelum PAK, dana Bosda yang diterima siswa SD/MI sebanyak Rp 5 ribu setiap bulannya. Sedangkan untuk siswa SMP hanya Rp 15 ribu. Dalam draft PAK, akan ada kenaikan masing-masing Rp 2 ribu. Siswa SD/MI akan menerima Bosda sebesar Rp 7 ribu per bulan per siswa dan siswa SMP sebesar Rp 17 ribu per bulan per siswa.
“Dari awal memang sudah kami usulkan untuk dinaikkan Bosda dari APBD. Agar dapat membantu operasional sekolah. Meski kenaikannya belum besar, tapi secara bertahap akan terus dinaikkan,” kata Bendahara Komisi D DPRD Kota Malang, Rahayu Sugiarti kepada Malang Post, kemarin.
Dalam APBD 2011, awalnya dana Bosda untuk SD/MI dianggarkan sebesar Rp 10,4 miliar. Dana Bosda itu dialokasikan untuk 85.900 siswa yang tersebar di lima kecamatan di Kota Malang. Setelah ada perubahan, mendapatkan tambahan sebesar Rp 2,2 miliar, sehingga total anggaran Bosda SD/MI mencapai Rp 12,7 miliar.
Untuk SMP, semula hanya dianggarkan Rp 7,1 miliar untuk 39.807 siswa. Setelah ada kenaikan mendapat tambahan anggaran sebesar Rp 1,03 miliar. Total anggaran Bosda SMP di Kota Malang mencapai Rp 8,2 miliar.
“Harapan kami, kenaikan anggaran Bosda untuk sekolah harus dibarengi pula dengan peningkatan kualitas pendidikan yang dihasilkan. Karena dewan juga berusaha agar dana pendidikan di Kota Malang dapat ideal untuk dapat menjangkau pendidikan yang terjangkau untuk masyarakat,” ungkap politisi Partai Golkar Kota Malang itu. (aim/nug)

Leave a Reply