DANA BOS: Wapres Pantau Penyaluran Di Sejumlah Provinsi

webmasterBeritaLeave a Comment

JAKARTA: Wakil Presiden Boediono memantau kemajuan penyaluran dana bantuan operasional sekolah (BOS) melalui fasilitas video telepresence dengan sejumlah gubernur.

Boediono menanyakan langsung mengenai perkembangan penyaluran BOS 2012 dan kendala yang dihadapi kepada para gubernur dari Aceh, Sulawesi,  Nusa Tenggara, hingga kepala daerah di Papua.

Ruang kerja Wapres Boediono kini memang dilengkapi fasilitas telepresence, sebuah teknologi yang dikembangkan Cisco Systems yang menyediakan video berdefinisi tinggi, spatial audio (efek audio tiga dimensi), dan penyetelan yang dirancang untuk menghubungkan dua atau lebih ruangan yang terpisah secara fisik agar terasa seperti sebuah ruang pertemuan.

“Ini untuk menghemat biaya perjalanan dan lebih efektif. Setiap saat kita bisa berdialog tinggal menekan tombol. Saya kira ini bisa memperlancar komunikasi kita antara pusat dan daerah,” kata Boediono saat membuka rapat Komite Pendidikan dengan sejumlah gubernur melalui telepresence, Rabu 1 Februari 2012.
Fasilitas telepresence ini sudah lebih canggih dari teleconferenceKetua Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan Kuntoro Mangkusubroto mengatakan ruang kerja Wapres juga kini tersambung dengan ruang kendali operasional Kepresidenan di Bina Graha Istana Merdeka atau yang biasa disebut Situation Room. Ruang ini mengadopsi ruang kendali Presiden AS di Gedung Putih.

Pada kesempatan itu, Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X mengatakan dana  BOS di wilayahnya untuk kuartal pertama Rp65,9 miliar sudah disalurkan, dari alokasi tahun ini Rp277 miliar lebih
.
“Tahun ini  kami tidak ada kesulitan semua berjalan dengan baik, tinggal bagaiaman melakukan koordinasi dengan kabupaten kota,” kata Sultan.

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Badrul Munir juga mengatakan dana BOS kuartal pertama tahun ini sudah ditransfer ke rekining sekolah. Masalah penyaluran dana sudah tidak terkendala lagi, namun NTB masih melakukan verifikasi data lagi para penerima dana BOS karena ada beberapa sekolah belum terdata.(bas)

Leave a Reply