Gubernur Raih Penyaluran BOS Tercepat

webmasterBeritaLeave a Comment

SURYA Online, SURABAYA - Pemprov Jawa Timur meraih penghargaan tingkat nasional yaitu menjadi provinsi yang melaksanakan percepatan penyaluran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2012 dari Pemerintah Pusat.

Penghargaan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, itu diserahkan langsung Wakil Presiden Prof. Dr. Boediono pada Puncak Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Lapangan tenis in door Senayan, Jakarta Rabu (13/6/2012) sore.

Selain Jawa Timur, Provinsi Jambi, Jawa Tengah, Sumatera Barat, DI Jogjakarta dan Kepulauan Riau dinilai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyalurkan dana BOS ke kabupaten/kota sebelum tanggal 16 Januari 2012.

Dana tersebut, sudah diterima oleh masing-masing sekolah untuk membantu kelancaran belajar mengajar peserta didik dan guru.

Selain menyerahkan penghargaan untuk Gubernur, Wapres Boediono juga memberikan penghargaan kepada guru muda yang mengajar di daerah yang dikenal dengan 3T, terdepan, terpencil dan terluar.

Mereka adalah guru yang menjadi tenaga terdidik di Papua, Nusa Tenggara Timur, Nangroe Aceh Darussalam, Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat.

Penghargaan juga diberikan kepada anak didik yang meraih nilai tertinggi ujian nasional, dan mahasiswa dengan indeks prestasi sempurna (IPK 4) dari tiga perguruan tinggi serta peraih medali emas olimpiade.

Gubernur Soekarwo mengatakan, keberhasilan Jawa Timur sebagai penyalur dana BOS tercepat ditunjang Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 80 Tahun 2011 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Satuan Kerja Pengelola Keuangan Daerah Provinsi Jawa Timur.

Dalam pasal 26 Pergub itu ditegaskan, bahwa Pencairan Belanja Bantuan Sosial kepada 10 s/d 50 penerima yang dibebankan pada kode rekening dengan penggunaan dana yang sama, dapat diterbitkan dalam 1 (satu) SPM/SP2D.

Untuk lebih meningkatkan kecepatan dan kelancaran penyaluran dana BOS Tahun 2012, Dinas Pendidikan Jawa Timur, kata Pakde Karwo mengusulkan agar ada penambahan atau perubahan khusus untuk program BOS. “Penerima dana BOS satu kabupaten/kota pada kode rekening dengan penggunaan dana yang sama, dapat diterbitkan dalam satu SPM/SP2D,” ujar Gubernur Jatim.

Sumber : http://surabaya.tribunnews.com/2012/06/13/gubernur-raih-penyaluran-bos-tercepat

Leave a Reply