Kepsek Bingung, Dana Bos 15 Miliar Belum Cair

webmasterBeritaLeave a Comment

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Alex Pardede

TRIBUNNEWS.COM, SENDAWAR – Hingga kini masih ada sekolah di Kabupaten Kutai Barat, Propinsi Kalimantatan Timur yang belum memahami cara mencairkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2011

Dana BOS dapat dicairkan apabila pihak sekolah sudah membuat Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan Surat Pertanggungjawaban (SPj) anggaran. Dana BOS yang belum dicairkan di kabupaten ini mencapai Rp 15 miliar.

Hal itu terungkap saat Komisi A DPRD Kubar mengundang Dinas Pendidikan dan Kepala Sekolah di lingkungan Kota Sendawar terkait tunjangan guru, penyerapan anggaran, penerapan metode belajar, penambahan PTT dan pengelolaan dana BOS,Kamis (17/3/2011).

“Akibat ketidakpahaman sekolah, terpaksa kami menggunakan pola pengelolaan dana BOS yang dulu, karena saat ini pembuatan SPj dahulu baru dana dicairkan, karena kami merasa seperti membuat rekayasa dulu,” ungkap Kepala SDN 001 Busur Barong Tongkok Matheus Wiyono.

Dikemukakan, kalau pengelolaan dana BOS 2010, anggarannya telah dikirimkan langsung ke rekening sekolah dan setelah itu dana dikelola. Setiap penggunaan anggaran dipertanggungjawabkan dengan membuat SPj.

Sekarang membuat dahulu SPj baru anggaran dicairkan ke rekening sekolah, sehingga sampai saat ini tidak mengetahui bagaimana membuat daftar kegiatan karena tidak diketahui besaran anggaran.

“Daripada pusing-pusing memikirkan itu, sekolah kami menggunakan SPj 2010 karena kebutuhan sekolah tidak jauh berbeda,” tegas Wiyono mewakili 17 kepala sekolah dan guru.

Koordinator dan Monitoring Dana BOS Dinas Pendidikan Kubar Wasis Setyo B mengatakan, masih ada sekolah-sekolah yang belum memahami mengelola dana BOS 2011. Sistem pengelolaannya berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada 1 Maret lalu telah diadakan sosialisasi dana BOS kepada 226 SD dan 50 SMPN, namun karena keterbatasan waktu hasilnya tidak maksimal.

Perlu diketahui tahun anggaran 2011, ada 276 sekolah di Kutai Barat mendapatkan dana BOS dengan total anggaran Rp 15 miliar dari APBN 2011. Dana BOS yang berjumlah Rp 15 miliar diperuntukkan bagi jenjang SMP Rp 4.940.760.000 untuk jenjang SD Rp 10.070.302.000.

Sumber : http://www.tribunnews.com/2011/03/17/kepsek-bingung-dana-bos-15-miliar-belum-cair

Leave a Reply