Pencairan Dana BOS Diurus Langsung Disdik Riau

webmasterBeritaLeave a Comment

PEKANBARU (RP) – Sejak Januari 2012 lalu, Dinas Pendidikan (Disdik) kabupaten/kota, tidak dilibatkan lagi dalam proses pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di setiap sekolah meliputi SD, SMP negeri.

Melainkan diurus langsung oleh Disdik Provinsi Riau ke sekolah. Padahal bertahun-tahun sebelumnya proses pencairan tunjangan tersebut masih dilaporkan ke Disdik kabupaten/kota.

‘’Kalau sebelumnya memang kita pantau penggunaan dana BOS, apakah sesuai penggunaannya tidak melenceng dari rancangan kegiatan anggaran (RKA) sekolah atau tidak. Tetapi memang sejak tahun 2012 ini, mulai proses pencairannya dan pengawasan penggunaannya langsung di lakukan Disdik Provinsi Riau. Disdik Kota tidak dilibatkan lagi dalam dana BOS itu,’’ ujar Kepala Bidang (Kabid) Keuangan Disdik Pekanbaru Z Bastian kepada Riau Pos kemarin.

Sedangkan terkait dengan berapa sekolah SD sampai SMP negeri yang mendapatkan tunjangan dari pemerintah pusat ini, tidak diketahui secara pasti oleh Disdik Kota Pekanbaru.

Jika peraturan terbaru tersebut sudah dijalankan, menurut dia, Disdik kabupaten/kota tak ada kapasitas untuk mencampurinya.

‘’Jumlah sekolah dan siswa untuk tahun 2012 yang mendapatkan bantuan dana BOS ini tidak bisa diketahui secara rinci karena kita memang sudah tak ada kapasitas lagi untuk mencampuri urusan dana itu,’’ kata dia lagi.

Menurut Bastian, data sekolah penerima dana BOS untuk sekolah se-Pekanbaru dan kabupaten/kota, berada di Disdik Provinsi Riau seluruhnya.(ilo)

 

Sumber : http://www.riaupos.co/cetak.php?act=full&id=1903&kat=1

Leave a Reply