Pencairan Dana BOS Triwulan III Tergantung Sekolah

webmasterBeritaLeave a Comment

Palu, 11/7 (SIGAP) – Kepala Seksi Kurikulum dan Pengujian TK dan SD Kantor Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kota Palu Agusalim Abdullah mengatakan pencairan dana bantuan operasional sekolah untuk triwulan III tergantung dari pihak sekolah.

“Kalau pihak SD dan SMP negeri maupun swasta cepat melaporkan penggunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) triwulan II (April-Juni) 2011, BOS triwulan III (Juli-September) 2011 secepatnya pula dicairkan oleh instansi berwenang,” katanya di Palu, Senin.

Ia mengatakan, khusus untuk dana BOS sekolah negeri baik SD maupun SMP untuk triwulan II seluruhnya sudah selesai disalurkan. “Tetapi kalau BOS untuk sekolah swasta khususnya triwulan II kami belum tahu, ” katanya.

Menurut dia, khusus untuk pencairan dana BOS sekolah swasta itu langsung ditangani oleh Dinas Pendapatan dan Keuangan Daerah Pemkot Palu.

“Kecuali untuk pencairan dana BOS sekolah negeri dilakukan oleh Dinas Dikjar, begitu juga pertanggungjawaban penggunaan dana, pihak sekolah melaporkan langsung ke instansi ini.

Menurut dia, untuk dana BOS triwulan III seharusnya sudah bisa dicairkan, tetapi karena laporan pertanggungjawaban dari sekolah terlambat, dipastikan pencairannya juga terlambat.

Ia mengatakan, sampai sekarang baru beberapa sekolah yang telah memasukkan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana BOS untuk triwulan II, sedangkan sesuai aturan dana BOS disalurkan setelah sekolah memberikan laporan pertangungjawaban pemakaian dana tersebut.

Ia juga mengimbau bendahara dana BOS di SD dan SMP secepatnya mempertangungjawabkan penggunaan dana tersebut agar proses pencairan tahap berikutnya segera dilakukan.

“Terlambatnya pelaporan penggunaan dana BOS khususnya SD karena bendahara dijabat oleh guru. Sementara untuk SMP, semua bendaharanya adalah tenaga tata usaha,” katanya.
Ia mengakui untuk membuat laporan pertangunganjawab penggunaan dana BOS perlu waktu. Di satu sisi guru (bendahara) harus mengutamakan mengajar, disisi lain juga harus menyusun laporan.

Faktor lainnya, kata dia, sistem pelaporan pertangungjawaban penggunaan dana BOS pada 2011 juga berbeda dengan sebelumnya. “Ini semua yang menjadi penyebab terlambatnya pelaporan pengunaan dana BOS triwulan II, sehingga pencairan dana BOS triwulan III belum bisa dilakukan,” ujarnya.

Menurut dia, pemerintah pada 2011 mengganggarkan dana BOS untuk Kota Palu masing-masing untuk SD negeri sebesar Rp12,77 miliar, SD swasta Rp2,20 miliar, SMP negeri Rp7,15 miliar, dan SMP swasta Rp1,186 miliar. (lap harun/ant)

 

Sumber : http://www.sigapbencana-bansos.info/berita/14719-pencairan-dana-bos-triwulan-iii-tergantung-sekolah.html

Leave a Reply