Tahun Ajaran Baru, BOS SMA/SMK Jadi Rp 1 Juta

webmasterBeritaLeave a Comment

PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Mulai tahun ajaran baru ini, besarnya dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) jenjang SMA/SMK mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Bila sebelumnya siswa hanya mendapatkan alokasi sebesar Rp 120 ribu/siswa/tahun, maka sekarang naik menjadi Rp 1 juta/siswa/tahun.

Kasi Kurikulum Dikmen Dinas Pendidikan Banyumas, Enas Hindasah, Senin (15/7), mengatakan untuk periode penyaluran Januari sampai Juni lalu, siswa hanya mendapatkan alokasi sebesar Rp 60 ribu per siswa.  Pasalnya saat itu masih menggunakan anggaran yang lama yaitu Rp 120 ribu/siswa/tahun. Namun terhitung mulai Juli, besarannya berubah dan mengalami kenaikan.

Semua proses penyaluran ditangani langsung oleh kementerian pusat, bahkan untuk pembukaan rekening sekolah juga dilakukan oleh pusat.  Dinas Pendidikan di daerah hanya mengusulkan data nama sekolah, alamat hingga jumlah siswa di Banyumas.

”Awalnya dinas juga menyerahkan data rekening masing-masing sekolah ke kementerian.  Tetapi ternyata malah ditolak, sebab pusat sudah membuatkan rekening tiap-tiap sekolah,” jelasnya.

Dia menambahkan, untuk lokasi pencairan dana BOS di Banyumas dilakukan di dua lokasi, yakni wilayah Ajibarang dan Purwokerto. Penunjukan dua lokasi tersebut untuk memudahkan pihak sekolah dalam melakukan pencairan.  ”Meski demikian, pencairan dana BOS dapat dilakukan di seluruh kantor unit bank yang ditunjuk pemerintah,” kata dia.

Saat ditanya apakah dengan naiknya dana BOS bagi jenjang SMA/SMK, berarti nanti sekolah tidak boleh lagi menarik sumbangan, dia mengatakan, sepertinya itu masih sulit untuk dijalankan.  ”Perkiraan kami masih sulit untuk meniadakan sumbangan, sebab biaya operasional SMA/SMK masih cukup tinggi, apalagi di jenjang SMK ada kegiatan praktik,” ungkapnya.

Diakui, khusus jenjang SMP dan SD, sekolah sudah tidak dibolehkan lagi menarik pungutan ke peserta didik, sebab pemerintah telah mengalokasikan dana BOS sesuai dengan kebutuhan operasional sekolah.

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2013/07/15/164596/Tahun-Ajaran-Baru-BOS-SMASMK-Jadi-Rp-1-Juta

Leave a Reply